Cara Menghadapi Musibah Menurut Islam

  • Gerai Saffa
  • Agu 23, 2022
Cara menghadapi musibah menurut islam

Terkadang disaat sedang mengalami musibah, kita bingung harus melakukan apa. Musibah datang tiba-tiba dan membuat dada serta mata terisak-isak. Kita ingin sekali musibah itu cepat selesai, namun sebelum itu kita harus tahu dulu cara menghadapi musibah menurut islam. Musibah hadir di dalam hidup kita bukan semata-mata tanpa alasan, melainkan pasti sebuah pesan yang di dalamnya mengandung banyak kebaikan. Oleh karena  itu jangan sampai cara kita menghadapi musibah malah menambah dosa. Bismillah, kali ini saffa akan berbagai cara menghadapi musibah yang tepat bagi seorang muslim.

 

Sikap Ketika Menemui Musibah

Bagaimana sikap kita ketika mengalami musibah menentukan tindakan kita selanjutnya terhadap musibah yang sedang dialami.  Mindset yang benar juga menentukan bagaimana kita bersikap nantinya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hati kita harus tenang  agar bisa mengendalikan pola pikir kita.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.“ (QS. Al-Insyirah:5-6)”

Al-Quran sudah mengajarkan bagaimana sikap kita seharusnya ketika menghadapi musibah. Ini membuktikan bahwa hal yang pertama harus kita lakukan adalah membenahi mindset. Kita harus bisa membangun pola pikir yang positif. Sebab pola pikir yang baik adalah benih dari sikap yang teduh.

Perbaiki Sholat

Oke, setelah kita mempelajari menghadapi musibah dengan pola pikir yang baik, step ke-2 adalah memperbaiki sholat. Kenapa? jelas ini sangat penting. Sholat adalah amalan yang agung, simbol komunikasi kita secara langsung dengan Allah. Bayangkan, dengan sesama manusia saja kalau komunikasi kurang bagus, itu bisa menimbulkan masalah. Apalagi kalau komunikasi atau hubungan kita dengan Allah kurang bagus? mengerikan, bukan?

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS al-Baqarah [2]: 153).

Perbanyak Istighfar

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Alloh memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”. (HR. Ahmad)

Bisa jadi musibah yang kita alami ialah buah dari dosa yang sudah kita lakukan di masa lalu. Cara menghadapi musibah menurut islam itu tidak lah sulit. Kita hanya perlu mengevaluasi diri, meningkatkan kembali keimanan kita. Teruslah memohon ampun kepada Allah agar musibah yang kita hadapi bisa segera berlalu.

Bertakwa dan Bertawakkal

Cara menghadapi musibah menurut islam berikutnya adalah dengan bartakwa. Jauhilah larangan Allah dan taat lah pada segala perintah-Nya. Kemudian bersabar dan terus berdoa berserah diri kepada Allah.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. (QS. At-Talaq Ayat 2-3)

Bersabar

Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya Allah SWT berfirman, ‘Jika Aku menguji hamba-Ku dengan dua yang dicintainya, kemudian dia bersabar, maka Aku akan mengganti keduanya itu untuknya dengan surga’.” HR Bukhari

Sabar itu bukan diam. Sabar merupakan keteguhan hati dan rohani. Orang yang paling kuat dan paling banyak pahalanya adalah orang yang sabar. Meskipun sulit, cobalah terus untuk membuat diri kita sabar atas segala musibah yang dihadapi. Dengan begitu, Allah akan segera menolong kita dari musibah yang menggelisahkan hati.

Terima kasih sudah membaca Gerai Saffa Diary. Jika ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar dan jika ingin membeli produk Gerai Saffam bisa klik di sini

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *