Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Untuk Menjadi Manusia Yang Lebih Baik

  • Gerai Saffa
  • Agu 23, 2022

Menghilangkan kebiasaan buruk ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kebiasaan buruk yang sudah tertanam dan mengakar pada diri kita akan susah untuk diubah. Namun meskipun begitu, bukan berarti menghilangkan kebiasaan buruk adalah hal yang mustahil. Sebagai muslimah, kita memegang prinsip bahwa hari ini harus lebih baik daripada kemarin. Setiap harinya, kita harus berproses menjadi pribadi yang lebih baik. Mari kita mulai dengan menghilangkan kebiasaan buruk. Begini cara menghilangkan kebiasaan buruk.

Berbicara tentang kebiasaan buruk, itu ada kaitannya dengan cara kinerja otak kita. Otak kita merupakan sekumpulan saraf yang terdiri dari berbagai fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satu peran dari saraf-saraf itu adalah menyimpan ingatan. Nah, kebiasaan buruk yang sudah kita lakukan dalam waktu yang lama, itu menjadi sebuah pola di dalam otak kita. Kebiasaan buruk itu sudah mengakar dan pastinya menjadi sulit dihilangkan. Itulah mengapa, orang-orang yang lebih tua, mereka akan lebih susah menghilangkan kebiasaan yang sudah terbentuk secara bertahun-tahun. Insyaa Allah di artikel ini Saffa akan coba berbagi cara menghilangkan kebiasaan buruk.

Siap Menghadapi Ketidaknyamanan

Salah satu cara menghilangkan kebiasaan buruk ialah dengan menempuh jalan yang tidak nyaman. Jika kita ingin menghilangkan kebiasaan buruk, maka kita harus bisa keluar dari zona nyaman. Meski buruk, kebiasaan itu terlalu lama membuat kita nyaman dan menjadi racun bagi kita. Cobalah melakukan hal yang lebih baik dan siap menempuh ketidaknyamanan itu. Misal, jika kita sudah terbiasa tidur sehabis subuh dan ingin menghilangkan kebiasaan buruk itu, maka harus mencoba untuk tidak tidur setelah subuh. Pertama-tama mungkin akan berat, tapi cobalah untuk melalui itu hingga terbentu kebiasaan baru yang lebih baik.

Menganalisa Pemicu Kebiasaan Buruk

Ketika ingin menghilangkan kebiasaan buruk, kita harus menganalisa pemicu kebiasaan buruk itu. Misal kita ingin menghilangkan kebiasaan buruk tidur setelah subuh, maka kita harus tahu dulu pemicunya apa. Misal, kita merasa ngantuk setelah subuh karena begadang semalam. Nah, jika sudah tahu pemicunya, maka tugas selanjutnya adalah menghilangkan pemicunya itu.

Fokus Kepada Perubahan

Sebagai bagian dari cara menghilangkan kebiasaan buruk, kita harus bisa fokus pada tujuan dan perubahan itu sendiri. Coba pikirkan apa yang ingin kita ubah, dan hasil apa yang ingin kita raih dari menghilangkan kebiasaan buruk itu. Contohnya, kita tidak ingin lagi tidur sehabis subuh, agar bisa mendapatkan pahala sunnah sholat syuruq. Fokus saja pada tujuan itu. Insyaa Allah kita pasti bisa mengubah kebiasaan buruk itu.

Membuat Perencanaan

Dalam prosesnya, cara menghilangkan kebiasaan buruk tidak bisa dilakukan seenaknya. Kita harus memiliki perencanaan. Ya, sebagaimana kita dalam meraih hal-hal lain, kita butuh perencanaan juga. Misalnya saja ketika kita ingin menghilangkan kebiasaan buruk tidur setelah subuh, kita harus buat perencanaan sedemikian rupa sehingga kita jangan sampai begadang semalaman.

Memiliki Target yang Realistis

Ketika berkeinginan untuk menjalani cara menghilangkan kebiasaan buruk, kita harus memiliki target. Namun buatlah target yang realistis. Jangan sampai membuat target yang terlalu tinggi, takutnya malah nanti kita cepat capek. Contohnya, jika ingin menghilangkan kebiasaan buruk tidur setelah subuh, nah kita pasang target nih. Misalnya, dalam satu hari kedepan harus bisa tidak tidur setelah subuh. Lalu seiring perjalanan cara menghilangkan kebiasaan buruk itu, kita tambah targetnya. Dari satu hari, menjadi dua hari, dan seterusnya, secara perlahan sampai kita terbiasa.

Begitulah kurang lebih cara menghilangkan kebiasaan buruk.  Kuncinya harus bertekad kuat dan sabar. Jangan terburu-buru ingin mendapatkan hasil yang instan. Sebab kebiasaan buruk yang sudah kita jalani selama ini sudah mengakar di otak kita dan membentuk sebuah pola. Mengubah pola yang sudah mengakar itu tidak bisa langsung 100%, butuh waktu untuk membuat pola yang baru.

Terima kasih sudah mengunjungi Gerai Saffa Diary .Jika Sahabat ingin memiliki Gamis Gerai Saffa terbaru, bisa klik di sini. Untuk pertanyaan dan saran bisa disampaikan di kolom komentar di bawah.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *