Kriteria Pemimpin Yang Baik

  • Gerai Saffa
  • Agu 24, 2022
Gerai Saffa

Apakah seorang muslimah bisa menjadi seorang pemimpin? Apakah kepemimpinan itu? Bagaimana cara melatih jiwa kepemimpinan? Apa kriteria pemimpin yang baik? Barangkali pertanyaan itu sempat mampir di benak Sahabat. Memang, seperti yang kita tahu bahwa di kehidupan ini yang menjadi seorang pemimpin biasanya dari kaum Adam. Namun apakah itu berarti bahwa kaum Hawa tidak layak menjadi seorang pemimpin?

Setiap orang adalah pemimpin, begitulah yang disebutkan di Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim. Ya, jika kita melihat konteks dari hadist itu, sudah jelas bahwa setiap orang adalah pemimpin. Bukan golongan tertentu ataupun kaum tertentu  yang bisa menjadin pemimpin. Sebagai muslimah, kita juga pantas dan bisa menjadi pemimpin yang baik. Pertanyaan selanjutnya, apa kriteria seorang pemimpin yang baik? sedangkan di hadist juga disebutkan bahwa setiap orang akan mempertanggung jawabkan apa-apa yang dipimpinnnya.

Menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah, apalagi menajdi pemimpin yang baik. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Pemipin bukanlah orang yang hanya menyuruh-nyuruh bawahannya atau bersikap layak dihormati. Justru seorang pemimpin yang baik harus bisa membuat orang-orang yang dipimpinnya juga menjadi manusia yang baik.  Berikut ini, Saffa coba jelaskan bagaimana cara melatih jiwa kepemimpinan untuk menjadi pemimpin yang baik. Selamat mambaca, ya!

Kriteria Pemimpin yang Baik – Percaya Diri

Rasa percaya diri dibutuhkan untuk menjadi pemimpin. Dalam aktifitasnya, seorang pemimpin akan banyak mengambil keputusan. Bagaimana jika ia tidak percaya diri? penuh keragu-raguan? Maka dari itu. latihlah diri sendiri sehingga memenuhi kriteria jiwa kepemimpinan.

Terbuka dengan Orang Lain

Di dalam prakteknya, seorang pemimpin harus bisa terbuka dengan orang lain. Pemimin yang baik merupakan orang yang bisa menyerap ide atau gagasan dari orang lain. Melatih jiwa kepemimpinan dengan melatih diri untuk menekan ego diri sendiri tan terbuka dengan orang lain.

Bersikap Tegas

Latihlah diri kita untuk bisa bersikap tegas. Pemimpin yang baik adalah dia yang tegas terhadap dirinya sendiri dan pada orang lain. Ketegasan adalah salah satu simbol kekuatan bagi seorang pemimpin yang baik. Terlebih lagi dalam mengambil keputusan, pemimpin yang ragu-ragu dalam mengambil keputusan tidak layak untuk diikuti

Bertanggung Jawab

Kriteria pemimpin yang baik selanjutnya adalah bertanggung jawab. Bertanggung jawab di sini memiliki makna yang sangat kompleks. Pemimpin yang baik harus bisa bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Ia juga harus bertanggung jawab atas orang-orang yang dipimpinnya. Selain itu ia juga bertanggung jawab atas amanah dari orang lain yang menjalin kerja sama dengannya.

Bersikap Saling Menghargai

Kriteria yang terakhir ini juga tidak kalah penting. Pemimpin yang baik harus memiliki karakter yang saling menghargai. Sebab pada prakteknya, seorang pemimpin ketika mengambil keputusan akan melalui diskusi dengan para anggotanya.

Begitulah kriteria pemimpin yang baik yang bisa kita pelajari. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini. Jika ada pertanyaan dan masukan bisa disampaikan di kolom komentar di bawah. Klik disini jika Sahabat ingin memesan Gamis Gerai Saffa

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *